Kepala Sekolah, Erwin: "Program PKKS Sangat Positif Untuk Kemajuan Sekolah".

 

  

Erwin, SAg, MA , Kepala Sekolah


Berita  – kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar, Erwin, SAg, MA, menilai sangat positif dengan adanya Program Penilaian Kinerja Kepala Sekokah (PKKS)


Pihak sekolah pun menyambut baik kunjungan Tim Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) yang datang ke sekolah itu, Senin (23/11/2020). Tim yang merupakan Pengawas Sekolah dari Cabang Dinas (Cabdin) Wilayah VI Dinas Pendidikan Sumbar itu terdiri dari 3 orang. Yakni H. Khaidir, S.Pd MSi (Koordinator Pengawas), Drs. H Puardi Burhan, M.Pd dan Drs. Dasril.


PKKS 2020 di SMAN 1 Sungai Beremas



Kedatangan Tim PKKS ini disambut baik pihak sekolah, mulai dari Kepala Sekolah, Erwin, S.Ag, MA, Wakil Kepala Bidang Kurikulum atau Akademik, Meri Yulia, S.Pd, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Devi Nora, S.Pd, Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Monica Fitria, S.Pd, Wakil Kepala Bidang Humas, Maiti Reski,S.Pd, serta para majelis guru dan tenaga kependidikan lainnya.


Seperti tahun sebelumnya, pelaksanakan penilaian kinerja kepala sekolah ini dilaksanakan setiap akhir tahun. Bertujuan untuk mengetahui kinerja kepala sekolah dalam mengelola sekolah menjadi lebih baik dan maju baik secara akademik maupun non akadamik dibanding sebelumnya. 

PKKS 2020 di SMAN 1 Sungai Beremas





Dalam kesempatan itu, Tim mengadakan pertemuan dengan para majelis guru, wakil kepala dan kepala sekolah serta pihak komite.  Dan dilengkapi dengan pengisian instrumen yang telah disiapkan.



Kepala Sekolah, Erwin, S.Ag, MA didampingi empat Wakil kepala sekolah ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/11/2020) mengatakan rasa terima kasih atas kunjungan Tim Penilai Kinerja Kepala Sekolah. 


PKKS 2020 di SMAN 1 Sungai Beremas



“Dengan penilaian terkait pelaksanaan kepemimpinan serta tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah, baik fungsi manajerial supervisor dan Kewirausahaan pada sekolah ini tentunya akan menjadi masukan dan evaluasi peningkatan kinerja yang lebih baik ke depan, “kata Erwin.


Lebih lanjut dikatakan, penilaian yang dilakukan dapat menghasilkan evaluasi dan perbaikan demi kemajuan sekolah dengan melaksanakan evaluasi sebagai tindak lanjut terhadap hasil penilaian secara berkesinambungan," tuturnya.

PKKS 2020 di SMAN 1 Sungai Beremas



Dengan adanya penilain itu, kata Erwin, yang kini berusian 48 tahun, yang mulai bertugas sebagai kepala sekolah di SMAN 1 Sungai Beremas sejak 8 Januari 20019, akan berdampak positif dalam rangka peningkatakan profesionalisme kepemimpinan sekolah dalam merumuskan sebuah mutu lulusan yang terus meningkat ke depan.


Erwin yang mulai lulus PNS Januari 2008 ini menyebutkan, sebagai kepala sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju suatu sekolah, maka ia terus berupaya memberdayakan segenap sumber daya dan potensi yang ada di sekolah.


Upaya peningkatan 8 standar pendidikan menjadi perhatian utama. Baik standar isi, standar proses, standar Tendik, Sarpras, SKL, standar penilaian, Pengelolaan dan Pembiayaan


Dijelaskan, dalam situasi pandemi Covid-19, pembelajaran tetap dioptimalkan terlaksana dengan baik dengan tetap mematuhi protokol covid-19. Kini pembelajaran dengan tatap muka yang dilaksanakan dua shif dengan kurikulum 2013 yang disesuaikan. Dibina 30 orang guru dan 7 orang Tenaga Kependidikan. 

Keluarga Besar SMA N 1 Sungai Beremas


Dalam peningkatan kinerja guru pihak sekolah melakukan supervisi per semester. Dengan pelasana kepala sekolah, waka kurikulum dan juga guru senior.

  

Pembenahan sarana dan prasarana pun dilakukan terhadap lingkungan sekolah seperti, perbaikan drainase, pembuatan pagar dan rehap ringan lainnya. Intinya untuk suatu kenyamanan dan peningkatan disiplin peserta didik.

OSIS SMA N 1 Sungai Beremas



Dengan berbekal pengalaman di dunia pendidikan, baik ketika bertugas di SMA N 1 Koto Balingka yang sudah dilaluinya mulai dari wali kelas, pembina Osis dan Wakil Kepala. Bahkan pengalaman ketika sebagai tenaga honorer sebelum PNS, juga [ernah sebagai kepala sekolah swasta. Maka menjadi pelajaran berarti baginya dalam memenej sekolah yang dipimpinnya saat ini.

Lingkungan Sekolah Terus Dibenahi



Alhamdulillah jelasnya, memasuki dua tahun kepemimpinannya sebagai kepala sekoah, berkat kerjasama yang terjalin baik dengan warga sekolah dan pihak komite.  Dengan berbagai pembenahansudah terlihat adanya peningkatan minat masyarakat.  Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah siswa dalam satu tahun terakhir. Jika sebelumnya hanya 283 siswa, kini meningkat menjadi 371 siswa.

Supervisi Akademik



Namun ia mengakui  masih terbatasnya sarana dan prasarana yang ada. Maka, pihaknya sangat berharap adanya bantuan penambahan sarana seperti ruang kelas baru. Sebab saat ini ruang belajar beserta mobilernya masih relatif kurang, apalagi jika semua siswa masuk satu shiff. ***irz


Supervisi Akademik 



Posting Komentar

0 Komentar