EKSTRA KULIKULER

 




PENDAHULUAN

     Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di kurikulum dan umumnya pihak sekolah menyediakan waktu satu hari untuk pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ekstrakurikuler sangat berguna untuk pengembangan hobi, minat dan bakat siswa pada hal tertentu. Di sisi lain, pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian sekolah pada siswanya agar melakukan kegiatan yang lebih positif.

    Ruang lingkup kegiatan ekstrakurikuler adalah berupa kegiatan kegiatan yang menunjang dan dapat mendukung program intrakurikuler yaitu mengembangkan pengetahuan dan kemempuan penalaran siswa membina membentuk karakter siswa,  ketrampilan melalui hobi dan minatnya serta mengembangkan sikap yang ada pada program intrakurikuler dan program kokurikuler.

    Atas dasar inilah SMA Negeri 1 Sungai Beremas, menyusun program ekstrakurikuler sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga mampu mernghasilkan peserta didik yang berkarakter, memilik keterampilan dan daya saing siswa serta memiliki kemampuan intelektual tinggi, cerdas dan pintar, namun juga memiliki nilai nilai social dan spiritual yang baik sehingga mampu bersaing sesuai dengan Visi dan Misi sekolah

1. Dasar Hukum

  • Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • Pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembang nya potensi murid,
  • Pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan di selenggarakan dengan memberi keteladanan.
  • Pasal 12 ayat (1b) menyatakan bahwa setiap murid pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pendididkan yang sesuai dengan bakatnya, minat, dan kemampuan

2.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi

     Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.

3.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan             Pendidikan pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

4.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang                 Pembinaan Kesiswaan.

5.  Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

6.  Keputusan Kepala SMA Negeri 1 Sungai Beremas

    

      

Posting Komentar

0 Komentar